Prof Uman : Kampus Merdeka Itu Kampus Yang Bisa Memerdekakan Mahasiswanya!

Kampus yang merdeka itu kampus yang bisa memerdekakan mahasiswa!

Bogor. Kampus yang merdeka itu kampus yang bisa memerdekakan mahasiswa! Mahasiswa merdeka itu mahasiswa ketika di kampus mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan industri maupun ketika membangun usaha. Kompetensi ini merupakan turunan dari kurikulum yang disusun oleh kampus bersama dengan stageholder agar mendapatkan masukan dan saran.

Penjelasan ini disampaikan oleh Prof Uman Suherman kepala LLDIKTI IV Jawa Barat Banten dalam pengarahan kepada peserta Bimbingan Teknis Tracer Study dan Peningkatan Pusat Karir Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat Banten.
.
Saat ini banyak kampus bisa mewisuda mahasiswanya namun tidak bisa memandirikan mahasiswa setelah lulus. Hal ini berdasarkan semakin banyaknya jumlah lulusan perguruan tinggi yang menganggur.

Hal kedua, menurut profesor dari kampus UPI  ini ada hal lain diluar kendali perguruan tinggi yaitu mindset dunia industri.

“Kita tidak bisa mengubah mindset dunia industri dimana dengan modal minimal hasil maksimal. Alasan mengapa jumlah lulusan perguruan tinggi yang menganggur cukup banyak. Salah satu cara dunia industri ialah dengan memberikan inhouse training kepada lulusan SMA dengan jobs desk dan kemampuan setara dengan lulusan perguruan tinggi namun perusahaan hanya membayar gaji setara SMA.”

Dunia industri hanya akan bekerjasama dengan kampus yang bisa mendorong perusahaan menghasilkan keuntungan lebih banyak. Maka standar kompetensi mahasiswa harus ditingkatkan bukan hanya siap kerja namun siap usaha dan siap memberikam dampak kepada perusahaan tempatnya bekerja.

Kampus #budibaktischoolofmanagement terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, menghasilkan lulusan tepat guna bagi masyarakat dengan kompetensi #sosioteknoprenuer

Admin bar avatar
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *