Home Blog Tips Sukses Bisa Kuliah Sambil Kerja

Tips Sukses Bisa Kuliah Sambil Kerja

176
0
tips kuliah sambil kerja stim budi bakti
tips kuliah sambil kerja stim budi bakti

Bingung pengen kuliah sambil kerja tapi bagaimana cara kuliah sambil kerja? simak tips sukses kuliah sambul kerja berikut ini.

 

1. Mengambil Kelas Karyawan
Buat kalian yang benar-benar niat menjalankan peran sebagai pekerja dan mahasiswa sekaligus? Mencari pekerjaan freelance saat menjadi mahasiswa kelas reguler pada dasarnya masih cukup memungkinkan. Cara mendaftar kuliah sambil kerja yang cukup efektif adalah mendaftar kelas karyawan.

Ada banyak universitas yang membuka kelas karyawan. Kelas karyawan ini biasanya untuk memfasilitasi para pekerja yang ingin meningkatkan daya saing. Kuliah, menyerap sebanyak-banyaknya ilmu, mendapat gelar (ijazah perguruan tinggi), kemudian bisa membantu meningkatkan karir.

Kelas karyawan ada beberapa jenis. Ada yang jadwalnya reguler, dilaksanakan pada weekday selepas jam pulang kantor.

Program kelas karyawan memang didesain untuk kamu yang bekerja Nine To Five setiap hari. Dengan masuk ke program ini, kamu bisa lebih mudah dalam membagi fokus antara kuliah dan bekerja. Treatment yang diberikan pada mahasiswa kelas karyawan juga akan menyesuaikan keadaan.

2. Mencari Kerja Shift Sore-Malam (Untuk Mahasiswa Kelas Reguler)
Sebagai mahasiswa kelas reguler, harus ada penyesuaian lebih untuk bisa kuliah sambil bekerja. Pasalnya, jadwal kuliah akan lebih padat dan dilaksanakan pada pagi sampai sore hari. Padahal, kebanyakan pekerjaan dilakukan ketika pagi hingga sore hari juga.

Jika benar-benar niat ingin bekerja, kamu harus bisa menemukan pekerjaan yang dilakukan selepas jam kuliah (sore-malam). Beberapa jenis pekerjaan yang memungkinkan untuk dilakukan adalah menjadi pelayan cafe, pegawai warkop, penjaga warnet, penjaga toko, ojek online, guru les private, dll.

Kamu juga harus mengkomunikasikan pada bos tempatmu bekerja mengenai statusmu yang adalah mahasiswa. Setidaknya pemilik usaha bisa mengerti kondisimu dan syukur-syukur bisa memberikan pemakluman jika sewaktu-waktu harus izin untuk tugas kuliah.

3. Mencari Pekerjaan Online
Saat ini dunia digital sudah berkembang. Pinters harus pandai memanfaatkan teknologi digital yang ada sekarang untuk menghasilkan uang. Jangan cuma sekedar bermain-main.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang memungkinkan untuk dikerjakan secara remote (dikerjakan online, dirumah saja). Salah satu yang cukup banyak populer adalah pekerjaan sebagai penulis lepas. Ada banyak agency kepenulisan yang butuh penulis lepas, jika merasa cukup mumpuni, kamu bisa mendaftarkan diri.

Selain itu, masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Kamu bisa mendaftar di situs marketplace jasa freelance. Kamu bisa memasarkan jasa sesuai keahlianmu, misalnya jasa desain, jasa edit video, jasa menulis, dll.

4. Menjalankan Bisnis Sendiri
Jika kalian hobi mengambil resiko, hal ini bisa dilakukan. Jika memang tidak memiliki modal, sebenarnya ada juga bisnis yang bisa kamu lakukan tanpa modal. Yang jelas, menjalankan bisnis tidak menjanjikan pendapatan pasti.

Mengacu pada tren digital, bisnis yang cukup populer dilakukan mahasiswa adalah membuka online shop sendiri. Kamu bisa melakukan variasi dari segi produk dan pendekatan marketing

 

Jurusan apa yang cocok untuk kuliah sambil kerja?

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jurusan yang umumnya diminati para pekerja yang ingin kuliah lagi yag ada di kampus Budi Bakti
1. Program studi Manajemen
2. Program studi Digital Marketing

 

Previous articleMateri Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sistem Hukum Indonesia
Next articleAlasan Akang Ganteng Pilih Kuliah Sambil Kerja Di Kampus Budi Bakti School of Management
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here