Pengantar Analisis Bisnis

Skema analisis-aktivitas-bisnis stim budi bakti

Pengantar Analisis Bisnis

Aza El Munadiyan, S.Si, MM, AMIPR

 

Analisis laporan keuangan adalah bagian dari analisis bisnis. Analisis bisnis adalah evaluasi prospek dan risiko perusahaan untuk tujuan pengambilan keputusan bisnis. Keputusan bisnis ini mencakup penilaian ekuitas dan hutang, penilaian risiko kredit, prediksi pendapatan, pengujian audit, negosiasi kompensasi, dan banyak keputusan lain. Analisis bisnis membantu dalam membuat keputusan yang tepat dengan membantu menyusun keputusan melalui evaluasi lingkungan bisnis perusahaan, strateginya, serta posisi dan kinerja keuangannya.

Langkah awal dalam analisis bisnis adalah mengevaluasi lingkungan bisnis perusahaan dan strategi. Laporan keuangan menyediakan sumber informasi yang kaya dan dapat diandalkan untuk analisis keuangan margin laba operasi, laba atas aset, dan laba atas ekuitas. Kami juga mengacu pada rasio penilaian tertentu seperti harga-untuk-pendapatan dan harga-ke-buku, yang tampaknya mengukur bagaimana pasar saham.

Pernyataan tersebut mengungkapkan bagaimana perusahaan memperoleh sumber dayanya (pembiayaan), di mana dan bagaimana sumber daya tersebut digunakan (investasi), dan seberapa efektif sumber daya tersebut digunakan (profitabilitas operasi). Banyak individu dan organisasi menggunakan laporan keuangan untuk meningkatkan keputusan bisnis. Investor dan kreditor menggunakannya untuk menilai perusahaan prospek untuk keputusan investasi dan pinjaman. Dewan direksi, sebagai perwakilan investor, menggunakannya untuk memantau keputusan dan tindakan manajer. Karyawan dan serikat pekerja menggunakan laporan keuangan dalam negosiasi perburuhan. Pemasok menggunakan laporan keuangan dalam pengaturan persyaratan kredit. Penasihat investasi dan perantara informasi menggunakan laporan keuangan dalam membuat rekomendasi jual-beli dan pemeringkatan kredit. Bankir investasi menggunakan laporan keuangan dalam menentukan nilai perusahaan dalam IPO, merger, atau akuisisi.

Analisis Laporan Keuangan

Analisis laporan keuangan merupakan bagian integral dan penting dari bidang yang lebih luas yaitu analisis bisnis. Analisis bisnis adalah proses mengevaluasi prospek ekonomi perusahaan dan resiko termasuk menganalisis lingkungan bisnis, strateginya, posisi keuangan dan kinerja. Analisis bisnis berguna dalam berbagai keputusan bisnis, seperti berinvestasi, sekuritas hutang, baik untuk memberikan kredit jangka pendek atau panjang.

Analisis Laporan keuangan adalah penerapan alat dan teknik analitik pada laporan keuangan bertujuan umum dan data terkait untuk memperoleh estimasi dan kesimpulan yang berguna dalam bisnis. Analisis laporan keuangan mengurangi ketergantungan pada firasat, tebakan, dan intuisi untuk keputusan bisnis sehingga mengurangi ketidakpastian analisis bisnis. Analisis laporan keuangan ini tidak mengurangi kebutuhan akan penilaian ahli tetapi, sebaliknya, memberikan penilaian yang sistematis dan efektif dasar untuk analisis bisnis.

Admin bar avatar
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *