Home Blog Enakan Masa Kuliah Apa Sekolah?

Enakan Masa Kuliah Apa Sekolah?

15
0
Kuliah digital Marketing STIM Budi Bakti
Kuliah digital Marketing STIM Budi Bakti

BudiBakti. Kuliah menjadi idaman banyak orang, namun hanya sebagain kecil sekitar 10% lulusan sekolah tinggi atau sederajat bisa lanjut kuliah. Kuliah sepertinya asyik kalau melihat cerita-di film-film walupun sempat bubar kuliah itu asyik gara-gara film Dilan 1990. Buat kalian yang mau kuliah bisa ngebayangin dan tahu apa bedanya masa sekolah ama masa kuliah.

1. Pakaian

Kuliah kalian bisa bebas pakai pakain yang penting rapi dan sopan. Kalaupun memakai seragam tidak setiap hari dan hanya di beberapa kampus dengan aturan tertentu. Berbeda dengan masa sekolah yang harus memakai seragam.

2. Waktu Belajar
Saat di sekolah, waktu belajar atau jam pelajaran sudah ditentukan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kamu diharuskan berada di sekolah mulai dari pukul 7 sampai pukul 3 sore atau bahkan pukul 5 sore bagi yang fullday school. Nah saat kuliah, waktu belajarmu akan lebih fleksibel tergantung kelas mana dan mata kuliah apa saja yang kamu ambil di semester tersebut. Terkadang ada kelas yang jadwal kuliahnya dimulai pukul 1 siang dan selesai pukul 5 sore. Jadwal kuliah tersebut biasanya akan berbeda-beda setiap kampus, fakultas, bahkan jurusan, lho.

3. Sumber Belajar
Saat di sekolah, guru sudah menentukan buku apa saja yang akan digunakan untuk setiap mata pelajaran. Nah, saat kuliah, kamu akan diberi satu buku acuan yang bisa kamu beli sendiri, atau pinjam dari perpustakaan. Namun, tak cukup satu buku acuan saja, ternyata dosen juga akan menuntut kamu mencari sumber belajar lain yang lebih banyak lho. Eitss…Tapi kamu juga harus lebih kritis dan teliti ya saat memilih sumber belajar mana yang akan kamu gunakan.

 

4. Penilaian
Penilaian dari mata pelajaran ketika SMA hanya persemester dimana nilai antar semester tidak mempengaruhi. Sedangkan ketika kuliah nilai mata kuliah dari awal kuliah sampai akhir kuliah saling terhubung dan dihitung semua. Misalnya ada mata kuliah yang memiliki prasyarat sehingga harus mengambil kuliah sebelumnya agar bisa mengambil kuliah tertentu.

 

5. Kegiatan Saat Liburan

Liburan sekolah lebih pendek dibandingkan dengan liburan kuliah. Namun liburan kuliah selalu ada kegiatan diluar kuliah mulai daftar ulang, isi rencans tudi, Kuliah Kerja Nyata, Magang bekerja dan lain-lain.

8. Ujian Kelulusan
Pada umumnya di sekolah ujian kelulusan akan dilakukan secara tertulis atau online, seperti UNBK, UTBK, PTS, dan PAS, dengan materi yang sama walaupun kode soalnya berbeda-beda. Nah, materi ujian tersebut terkadang sudah ada di buku. Jadi, kamu hanya tinggal membaca dan berlatih latihan soal-soalnya saja. Nggak jarang ada beberapa guru yang memberikan kisi-kisi jauh sebelum ujian dilaksanakan.

Berbeda dengan saat kuliah, skripsi dan tugas akhir  sebagai syarat kelulusan umumnya kamu harus mengerjakan skripsi/tugas akhir terlebih dahulu yaa. Topik dan judul skripsi/tugas akhir ini akan berbeda-beda lho antar mahasiswa. Saat mengerjakan skripsi/tugas akhir kamu dituntut lebih mandiri dan bertanggung jawab, karena kamu sendirilah yang akan menentukan kapan skripsi/TA-mu ini selesai.

 

Itulah beberapa perbedaan antara sekolah dan kuliah yang perlu kamu tahu. Siap kuliah?

Kuliah di Kampus Budi Bakti School of Management agar bisa kuliah sambil kerja, usaha dan dimajin sebelum lulus dah bekerja dan usaha.

Previous articleKenalan Dengan Wakil Ketua I Bidang Akademik, Ahmad Mudzakir
Next articleGaes Hati Hati Ini 8 Ciri-Ciri Varian Baru Covid-19 B117
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here