Pengukuran Penghasilan Dalam Laporan Aktivitas Operasi Bisnis Perusahaan

Pengukuran Penghasilan Dalam Laporan Aktivitas Operasi Bisnis Perusahaan

Pengukuran Penghasilan Dalam Laporan Aktivitas Operasi Bisnis Perusahaan

Aza El Munadiyan, S,Si, MM, AMIPR

Dosen Budi Bakti School Of Management

Konsep Penghasilan

Rekapitulasi pendapatan meringkas dari aktivitas operasi bisnis yang bertujuan  laporan laba rugi dapat menjelaskan bagaimana pendapatan ditentukan, dengan komponen pentingnya dilaporkan sebagai item baris terpisah.

Ada dua konsep pendapatan alternatif: pendapatan ekonomi dan pendapatan per orang. Pendapatan ekonomi mengukur perubahan bersih kekayaan pemegang saham selama suatu periode. Secara teoritis, ini sama dengan arus kas periode ditambah perubahan saat ini nilai arus kas masa depan yang diharapkan. Pendapatan permanen adalah perkiraan stabil pendapatan rata-rata yang diharapkan diperoleh bisnis selama masa hidupnya, mengingat kondisi saat ini. Pendapatan permanen (disebut juga pendapatan berkelanjutan atau berulang pendapatan) secara konseptual mirip dengan daya produktif yang berkelanjutan, dan penentuannya adalah pencarian utama dalam analisis. Sementara pendapatan ekonomi mengukur perubahan nilai pemegang saham, pendapatan tetap sebanding dengan nilainya.

Pendapatan akuntansi (dilaporkan) didasarkan pada akuntansi akrual dan ditentukan oleh pendapatan yang diakui dan menyesuaikan biaya dengan pendapatan yang diakui. Akuntansi pendapatan dimaksudkan untuk mengukur baik pendapatan ekonomi maupun pendapatan permanen. Selain itu, laba akuntansi memiliki kesalahan pengukuran, yang timbul karena distorsi akuntansi yang disebabkan oleh aturan arbitrer, manajemen laba, dan kesalahan estimasi.

 

Pendapatan akuntansi dapat divisualisasikan terdiri dari tiga komponen:

(1) Komponen permanen atau berulang, di mana setiap dolar sama dengan 1 / r dolar dari nilai perusahaan (r adalah biaya modal);

(2) Komponen transitori, di mana masing-masing dolar hanya sama dengan satu dolar nilai perusahaan; dan

(3) Nilai yang tidak relevan komponennya sehingga tidak relevan untuk penilaian.

Pencarian utama dalam analisis adalah mengidentifikasi komponen permanen atau berulang pendapatan yang dilaporkan. Pembuat standar menyadari kebutuhan untuk memisahkan komponen pendapatan berulang dan tidak berulang. Dengan demikian, item baris pada laporan laba rugi disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan seorang analis untuk mengidentifikasi komponen yang tidak berulang.

Sebagai langkah pertama untuk menentukan pendapatan permanen, analis menentukan pendapatan inti, yang merupakan pendapatan yang dilaporkan periode saat ini setelah menghapus semua yang tidak berulang (atau nilai tidak relevan).

Akuntansi secara bertahap, tetapi tak terelakkan, mengadopsi model akuntansi nilai wajar. Berdasarkan akuntansi nilai wajar, laba yang dilaporkan secara konseptual mirip dengan ekonomi pendapatan dan akan mencakup komponen besar yang tidak berulang dalam bentuk yang belum direalisasi keuntungan / kerugian yang timbul karena perubahan nilai wajar aset dan kewajiban. Menganalisa pendapatan dan mengisolasi komponen berulangnya akan menjadi analisis yang lebih penting tugas sebagai akuntansi nilai wajar menjadi lebih luas.

Pendapatan dan Keuntungan

Pendapatan yang diperoleh adalah arus masuk atau arus kas masuk yang diperoleh prospektif yang muncul dari aktivitas bisnis perusahaan yang sedang berlangsung. Ini termasuk arus kas masuk seperti penjualan tunai, dan arus kas masuk prospektif seperti penjualan kredit. Keuntungan diperoleh arus masuk atau prospektif memperoleh arus masuk uang tunai yang timbul dari transaksi dan peristiwa yang tidak terkait dengan aktivitas bisnis yang sedang berlangsung. Tampilan 6.1 memberikan dua contoh keuntungan — khususnya,  keuntungan dari penjualan segmen yang dihentikan dan keuntungan dari pelunasan hutang lebih awal.

Perbedaan antara pendapatan dan keuntungan didasarkan pada aktivitas bisnis yang sedang berlangsung itu menghasilkan pendapatan. Pendapatan diharapkan bertahan tanpa batas waktu untuk kelangsungan hidup. Sebaliknya, keuntungan tidak berulang. Perbedaan ini penting terutama untuk analisis saat menentukan komponen pendapatan berulang.

Metode pengakuan pendapatan dapat secara signifikan mempengaruhi pendapatan yang dilaporkan. Pendapatan pengakuan menjadi lebih kompleks, karena semakin terkait dengan e-commerce aktivitas. Ini juga merupakan area dengan panduan minimal dari standar akuntansi. Ini mengizinkan peluang untuk manajemen laba. Oleh karena itu, menganalisis praktik pengakuan pendapatan sangat penting dalam analisis laporan keuangan.

Beban dan Kerugian

Biaya yang timbul adalah arus keluar, arus keluar prospektif, atau alokasi arus kas keluar masa lalu yang timbul dari operasi bisnis perusahaan yang sedang berjalan. Kerugian adalah penurunan aset bersih perusahaan yang timbul dari operasi periferal atau insidental dari sebuah perusahaan. Contoh kerugian adalah kerugian atas penjualan sekuritas investasi. Akuntansi biaya dan kerugian sering kali melibatkan penilaian jumlah dan waktu alokasi mereka untuk periode pelaporan. Waktu adalah soal kapan hal itu terjadi, seringkali didasarkan pada pencocokannya dengan pendapatan dihasilkan.

Masalah penting lainnya adalah penangguhan biaya (atau alokasi multiperiod). Akuntan mengkapitalisasi biaya yang manfaatnya direalisasikan selama banyak periode. Biaya tersebut dialokasikan secara sistematis ke periode mendatang. Sebaliknya, banyak biaya yang dikeluarkan di periode yang sama di mana mereka diakui. (Tidak perlu arus kas keluar Beban dan kerugian terjadi pada saat yang sama diakui.)

Admin bar avatar
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *