Home Blog Prospek Kerja Lulusan Manajemen STIM Budi Bakti

Prospek Kerja Lulusan Manajemen STIM Budi Bakti

252
0
Kampus Budi Bakti Kolaborasi Dengan Dunia Industri Manfaatkan Platform Kedaireka Kemendikbud
Kampus Budi Bakti Kolaborasi Dengan Dunia Industri Manfaatkan Platform Kedaireka Kemendikbud

 Kuliah Jurusan Manajemen menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Alasannya kuliah di manajemen bisa bekerja dimana saja dan bisa dimana saja mengerjakan beragam jenis pekerjaan. Bahkan manajemen juga sangat cocok bagi para pengusaha baik usaha kecil mikro menengah, start-up hingga multinational corporate. Berikut ini prospek kerja lulusan Manajemen STIM Budi Bakti: 

Ruang Lingkup Jurusan Manajemen

Ilmu Manajemen merupakan proses mencapai tujuan antara lain proses pengarahan, perencanaan, pengorganisasian, dan pengelandalian dalam semua organisasi dalam rangka mencapai tujuannya.

Manajemen membahas tentang metode atau cara dalam penanganan tanggung jawab suatu perusahaan atau organisasi sehingga program studi manajemen sangat cocok untuk orang yang menyukai berbagai hal tentang memimpin.

Prospek Kerja Manajemen
Seorang lulusan manajemen bisa bekerja di berbagai bidang dan sektor. Pilihlah sesuai dengan minat dan keinginan kamu. Berikut ini merupakan daftar prospek kerja dari seorang lulusan manajemen yang perlu kamu tahu

1. Pengusaha
Seorang lulusan manajemen tentunya sangat berpeluang besar untuk mendirikan usaha baik usaha kecil terlebih dahulu maupun secara besar-besaran.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dibutuhkan jiwa kerja keras dan tidak pantang menyerah dalam menekuni pekerjaan.

Mempunyai kemampuan manajemen tinggi tak heran jika lulusan ini mampu mendirikan lapangan pekerjaan sendiri sehingga berguna bagi orang lain dengan omzet yang fantastis.

2. BUMN
Prospek kerja lulusan manajemen selanjutnya yaitu bekerja di Badan Usaha Milik Negara. Jenis pekerjaan ini menjadi impian para orang tua dan terutama para fresh graduate.

Secara umum, perusahaan BUMN ini merupakan perusahaan yang sebagian besar sahamnya milik negara Indonesia untuk kebaikan masyarakat Indonesia.

Ada banyak keunggulan yang bisa kamu miliki jika menjadi seorang pegawai BUMN antara lain jenjang karir yang jelas, gaji pegawai dan tunjangan yang tinggi, ada beasiswa untuk melanjutkan studi, mendapatkan asuransi, dan lain-lain.

Ada beberapa perusahaan yang bisa kamu pilih baik di bidang pertambangan, perbankan, farmasi, konstruksi, jasa, telekomunikasi, dan masih banyak lagi.

Perusahaan yang termasuk ke dalam perusahaan BUMN antara lain PT. Pertamina, PT. Adhi Karya, PT. Telkom Indonesia, PT. Bank Mandiri, PT. PLN, dan masih banyak lagi.

Kamu ingin menjadi lulusan manajemen dan tertarik bekerja di perusahaan BUMN? Tuliskan pada kolom komentar di bawah ya.

3. Perusahaan Multinasional
Selain bekerja di perusahaan BUMN, tentunya kamu bisa lo sebagai lulusan manajemen bisa juga bekerja di perusahaan multinasional dengan gaji yang lumayan besar.

Perusahaan multinasional ini adalah perusahaan yang punya biaya sangat besar dan mempunyai kantor/pabrik di banyak negara.

Adapun perusahaan multinasional di Indonesia antara lain Unilever, P&G, BMW, Toyota, Google, Chevron, dan masih banyak lagi.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika bekerja di perusahaan multinasional. Karena tidak hanya gaji yang besar, namun kamu bisa mendapatkan pengalaman sistem kerja dengan standar internasional.

Selain itu, karena perusahaan dengan jaringan global maka ada kesempatan nih untuk kamu lulusan manajemen yang punya kinerja baik dan berprestasi bisa bekerja di cabang lain di luar negeri.

Tertarik untuk bekerja di perusahaan besar dan multinasional?

4. Project Manager
Apa kamu tertarik menjadi seorang project manager? Project manager di sini sangat lah luas loo.

Jadi tidak hanya perusahaan konstruksi dan perusahaan IT saja yang membutuhkan manajer proyek. Akan tetapi banyak project manager dibutuhkan dalam berbagai bidang agar proyek berjalan dengan baik dan tepat waktu.

Adapun tugas dari seorang project manager tergolong rumit antara lain memastikan suatu proyek berjalan tepat waktu dan sesuai budget, memahami risiko suatu proyek, dan mengawasi perjalanan proyek dan memastikan result yang diinginkan agar tercapai.

5. Konsultan
Berbagai perusahaan / organisasi tentunya membutuhkan konsultan dan kamu sebagai lulusan manajemen bisa berkarir dalam bidang ini.

Seorang konsultan manajemen bertugas dalam meningkatkan kinerja bisnis, memberikan saran, memecahkan masalah, dan mendorong pertumbuhan suatu perusahaan dalam semua hal.

Konsultan dibutuhkan dalam berbagai sektor pekerjaan termasuk dalam sektor keuangan, sektor pemasaran, sektor sumber daya manusia, sektor teknologi informasi, dan lainnya.

Peran konsultan secara umum memberikan audit kepada klien, melakukan rekomendasi untuk melakukan perbaikan, dan melakukan tindakan untuk implementasi.

Ada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang konsultan antara lain Accenture, McKinsey & Company, Boston Consulting Group, dan masih banyak lagi. Apakah kamu ingin bergabung menjadi ke sana?

6. Accounting Manager
Kamu lulusan manajemen tentunya bisa berkarya dalam bidang akuntansi dan keuangan. Tugas utama dari seorang accounting manager adalah memastikan permasalahan keuangan dari perusahaan berjalan dengan baik.

Adapun tugas lebih khusus seorang accounting manager antara lain menyiapkan laporan keuangan perusahaan, memperkirakan kebutuhan finansial perusahaan, mengelola file akun, dan melakukan dokumentasi untuk keperluan perpajakan.

Selain itu, seorang accounting manager akan bekerja sama dengan para akuntan, akuntan junior, dan asisten lainnya di suatu departemen perusahaan.

7. Human Resource Manager
Pekerjaan sebagai human resource manager sangat dibutuhkan baik di perusahaan kecil hingga skala besar. Tentunya, kamu sebagai lulusan manajemen bisa juga kok berkarir di bidang ini.

Tugas utama dari seorang human resource manager tidak hanya melakukan perekrutan karyawan saja akan tetapi sangat luas misalnya mengelola karyawan sehingga sudah optimal bekerja sesuai dengan standar perusahaan.

Selain itu, HR manager bertanggung jawab dalam mengawasi kegiatan dan kebijakan sumber daya manusia sesuai arahan dari pihak eksekutif.

Ada banyak kemampuan yang harus dimiliki bagi kamu yang ingin menjadi human resource manager antara lain kemampuan problem solver, kemampuan dalam memilih keputusan yang berat, kemampuan organisasi, kemampuan ingin belajar, kemampuan komunikasi, dan banyak lagi.

Tidak heran jika HR manager dipercaya dalam mengawasi staf SDM serta mengelola kompensasi tunjangan, hubungan karyawan, keselamatan, hubungan kerja, dan catatan pekerjaan.

8. Financial Analyst
Bagian analisis keuangan pasti dibutuhkan mulai dari sektor industri, perusahaan, pemerintahan, keuangan, hingga bidang perbankan tentunya membutuhkan ahli untuk bekerja di bidang ini.

Sebagai seorang financial analyst, kamu akan bertugas dalam melakukan pemodelan keuangan sehingga harus mempunyai skill dalam analitik yang kuat dan mengumpulkan data.

Selain itu, kamu akan berkolaborasi bersama dengan bagian akuntansi untuk memastikan laporan keuangan yang akurat dan melakukan analisis data keuangan.

Adapun sebagai penunjang kinerja dalam bidang keuangan maka kamu akan akrab dengan query data dan tools manajemen data seperti excel, SQL, Access, dan lainnya.

9. Production Manager
Production manager bertugas dalam manajemen teknik, pengendalian proses produksi, serta mengawasi dan memastikan produksi berjalan tanpa adanya masalah.

Untuk pekerjaan sebagai production manager sendiri kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di sektor farmasi, sektor pertahanan, sektor makanan, dan sektor barang elektronik.

Sebagai lulusan manajemen, dengan bekerja sebagai manajer produksi akan bertugas untuk memastikan proses manufaktur berjalan andal serta efisien.

Selain itu, kamu akan bertanggung jawab dalam mengatur dan mengatur jadwal produksi, mengawasi proses produksi, menentukan standar kendali mutu, menilai kebutuhan proyek dan sumber daya, serta tugas lainnya yang berhubungan dengan produksi.

10. Risk Manager
Adanya ketidakpastian pasar dan keuangan di saat ini menjadikan risk manager sebagai profesi yang sangat dibutuhkan dan menjanjikan terutama untuk kamu yang ingin tahu prospek kerja seorang manajemen.

Seorang manajer risiko bertugas dalam melakukan identifikasi penyebab kerugian, melakukan rekomendasi dan melaksanakan tindakan pencegahan, serta menyusun suatu rencana untuk meminimalkan biaya dan kerusakan jika terjadi kerugian.

Selain itu, profesi risk manajer bisa bekerja secara langsung di perusahan besar maupun bekerja secara independen sebagai konsultan yang menyedikanan jasa layanan untuk manajemen risiko.

11. Business Manager
Tertarik menjadi seorang manajer bisnis? Sebagai seorang business manager kamu akan bertanggung jawab dalam mengawasi dan memimpin karyawan dalam mengerjakan pekerjaan.

Kamu dituntut untuk melakukan berbagai tugas seperti memastikan produktivitas dan efisiensi perusahaan. Termasuk menerapkan suatu strategi bisnis, mengawasi karyawan, dan mengevaluasi performa dari perusahaan.

12. Data Analyst
Perkembangan teknologi informasi membuat jumlah data yang tumbuh semakin banyak dan dibutuhkan analisis untuk mengambil suatu keputusan.

Sebagai seorang lulusan manajemen tentu saja kamu bisa berkarir menjadi data analyst di berbagai perusahaan swasta maupun perusahaan multinasional.

Beberapa tugas dari seorang data analyst antara lain melakukan analisis tren pasar, menggunakan statistik deskriptif untuk mendapatkan gambaran suatu tren, menyajikan hasil analisis kepada klien, dan banyak tugas-tugas lain yang berhubungan dengan data.

Kamu lulusan manajemen yang suka dengan matematika dan statistika maka bisa memilih karir sebagai data analyst nih.

13. Business Development Manager
Perkembangan teknologi melahirkan perusahaan startup baru yang tentunya membutuhkan branding untuk para customer. Oleh karena, itu dibutuhkan business development manager dalam suatu perusahaan.

Ada banyak sekali tugas yang dilakukan sebagai business development manager antara lain menyusun strategi dan melihat perkembangan pasar, melihat peluang bisnis, menawarkan produk atau layanan baru untuk memenuhi kebutuhan pasar yang ada.

Selain itu, kamu diharapkan untuk melakukan indentifikasi dan berkolaborasi dengan mitra untuk meningkatkan suatu layanan.

14. Logistic and Distributor Manager
Sebagai seorang yang bekerja sebagai logistic and distributor manager, tugas utama kamu adalah bertanggung jawab dalam distribusi barang ke suatu tempat dalam waktu yang tepat.

Tugas kamu memastikan bahwa produk yang tepat di kirimkan ke lokasi yang tepat dengan biaya yang optimal.

Kamu juga akan terlibat dalam transportasi, pergudangan, pemantauan lalu lintas barang, dan pengendalian stok.

Selain itu, kamu harus paham betul tentang keseluruhan rantai pasokan produk baik yang berhubungan dengan produsen, pengecer, dan konsumen.

15. Marketing Executive
Bagi kamu lulusan manajemen yang tertarik ke dunia pemasaran tentunya bisa bergabung menjadi seorang marketing executive.

Seorang marketing executive bisa berkarir di suatu perusahaan, suatu industri manufaktur, retailer, pemerintahan, dan masih banyak lagi.

Sebagai marketing executive kamu bertugas untuk memaksimalkan dan meningkatkan penjualan dalam mempromosikan produk, layanan, maupun idea.

Kamu bertanggung jawab dalam mengembangan strategi penjualan sesuai dengan kebutuhan pelanggan untuk mencapai traget serta mengawasi campaign dari pemasaran.

Selain itu, sebagai marketing executive kamu akan berkolaborasi dengan pekerjaan di bidang lain seperti marketing, riset pasar, bagian produksi, penjualan, dan juga distribusi.

16. Cost Lawyer
Apa itu cost lawyer? Memangnya sebagai lulusan manajemen bisa bekerja di bidang hukum?

Seorang cost lawyer adalah pengacara yang bertugas untuk memastikan hubungan bisnis antara klien dapat terjalin dengan baik, sehingga biaya hukum yang ada bisa dibebankan dengan tepat.

Pekerjaan cost lawyer sangat bervariasi mulai dari memberi nasihat, melakukan perkiraan biaya atau anggaran. Tertarik untuk menjadi seorang cost lawyer?

17. Actuarist
Saat ini profesi aktuaris sangat dibutuhkan dan masih sedikit orang yang berkarir di bidang ini. Tidak heran banyak perguruan tinggi mendirikan program studi baru yaitu Ilmu Aktuaria.

Menurut Investopedia, Ilmu aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari risiko keuangan di bidang asuransi dan keuangan dengan berbagai metode matematika dan statistik.

Dengan menggunakan Ilmu aktuaria, bisa berguna dalam mendefinisikan, menganalisis, dan memecahkan problem keuangan dari peristiwa di masa depan yang tidak ada kepastian.

Ilmu Aktuaria sangat bermanfaat untuk mengukur suatu risiko yang terjadi menggunakan analisis peluang / analisis probabilitas sehingga dampak keuangan bisa ditentukan.

Ilmu aktuaria ini biasanya sering digunakan untuk perusahaan asuransi. Sebagai contoh digunakan untuk memahami tingkat kematian individu pada usia tertentu sehingga bisa membantu perusahaan dalam menghitung jangka waktu pembayaran asuransi.

Sebagai seorang aktuaris, kamu dituntut agar bisa memahami risiko keuangan di masa yang akan datang sehingga jika ada situasi keuangan yang buruk maka bisa mengambil suatu keputusan terbaik.

18. Supply Chain Manager
Kamu sebagai seorang supply chain manager bertanggung jawab dalam pengelolaan peralatan, perangkat, dan logistik dalam suatu perusahaan atau divisi.

Tugas yang diberikan untuk pekerjaan sebagai supply chain manager antara lain:

mengatur semua langkah yang dibutuhkan dalam membeli bahan,
mengirimkan ke berbagai titik,
memastikan perusahaan menghasilkan produk yang cukup sesuai permintaan,
dan mengirimkan hasil produk ke tujuan dalam waktu yang tepat.
Selain itu, sebagai seorang supply chain manager dituntut untuk mempunyai pengalaman dalam manajemen proses dan pengembangan dalam suatu perusahaan.

Kamu ingin jadi lulusan manajemen? Tertarik menjadi seorang supply chain manager? Tulis pada kolom komentar di bawah ya.

19. Penulis
Bagi kamu lulusan manajemen yang punya minat dan hobi menulis tentunya kamu bisa kok berkarir sebagai penulis.

Kamu bisa menjadi kontributor di media online untuk menjadi penulis konten yang berkaitan dengan ilmu manajemen.

Bisa juga berkarir sebagai jurnalis di media untuk mengabarkan informasi dan berita terkini.

Bahkan bisa juga lo kamu berkarya dengan menulis buku yang berkaitan dengan ilmu manajemen yang telah kamu dapatkan selama kuliah.

20. PNS
Berbagai lembaga maupun instansi pemerintahan hampir setiap tahun membuka lowongan untuk menjadi pegawai negeri sipil.

Bekerja menjadi PNS merupakan impian sebagian besar masyarakat dan para orang tua yang ingin menjadikan anaknya sebagai seorang abdi negara.

Ada banyak sekali keunggulan menjadi seorang PNS yakni gaji stabil dan tunjangan yang meningkat sesuai dengan lama pengabdian.

Selain itu, sebagai lulusan manajemen yang berkarir sebagai PNS kamu akan mendapatkan dana pensiun walaupun sudah berhenti bekerja.

21. Dosen
Bagi kamu yang berminat untuk menjadi seorang dosen yang mengajar ilmu manajemen tentu saja bisa.

Akan tetapi, persyaratan untuk menjadi seorang tenaga dosen maka terlebih dahulu diharuskan untuk mengambil gelar pascasarjana dahulu.

Kamu bisa menjadi pengajar baik di kampus kamu berasal maupun kampus lain yang membutuhkan bidang peminatan untuk jurusan manajemen.

Berapa Gaji Untuk Lulusan Manajemen?
Kamu penasaran berapa sih gaji dari seorang lulusan manajemen?

Menurut data dari PayScale, gaji rata-rata untuk seorang lulusan sarjana manajemen bisnis adalah sebesar $62,479 per tahun atau sekitar Rp 924,6 juta per tahun. Tentunya, gaji tersebut jika kamu bekerja berlokasi di luar negeri.

Lalu, bagaimana dengan gaji seorang lulusan manajemen yang bekerja di Indonesia?

Berdasarkan data dari PayScale, gaji sebagai seorang Account Manager mendapatkan gaji tahunan rata-rata sebesar Rp 131.978.970. Jika dibagi untuk setiap bulan maka akan mendapatkan gaji sebesar sekitar Rp 11 juta per bulan.

Tentunya, untuk setiap pekerjaan mempunyai gaji yang berbeda tergantung dari pengalaman dan kemampuan setiap orang.

Sehingga gaji seorang fresh graduate akan berbeda dengan gaji seorang lulusan manajemen yang telah mempunyai pengalaman minimal 10 tahun.

Tempat Kuliah Jurusan Manajemen
Kamu masih bingung mau kuliah jurusan dimana?

Kuliah di kampus Budi Bakti School of Management aja..biaya kuliah terjangkau dan banyak pilihan jalur seleksi masuk.

Tentunya banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan program studi ini.

Kamu bisa melanjutkan ke PTN maupun perguruan tinggi swasta sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

Previous articleSTIM Budi Bakti Siap Bantu Kemendikbud Tingkatkan Jumlah Lulusan SMA Agar Bisa Kuliah
Next articleBuruan Daftar Kampus Mengajar Angkatan Kedua Juni 2021
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here