Home Materi Kuliah Mengenal 9 Jenis Market Anomalies

Mengenal 9 Jenis Market Anomalies

65
0
Mengenal 9 Jenis Market Anomalies Oleh Aza El Munadiyan, S.Si, MM, AMIPR
Mengenal 9 Jenis Market Anomalies Oleh Aza El Munadiyan, S.Si, MM, AMIPR

Mengenal 9 Jenis Market Anomalies

Oleh Aza El Munadiyan, S.Si, MM, AMIPR

Sejumlah anomali telah ditemukan yang mempertanyakan validitas EMH dan melanggar konsep efisiensi pasar yang menyatakan investor tidak bisa memprediksi harga dan tingkat pengembalian saham. Padahal pada kenyataan dan temuan data terjadi anomali yang berulang pada waktu-waktu tertentu. Anomali tersebut diantaranya :

  1. January effect

Bukti empiris menunjukkan bahwa kinerja pasar relatif baik selama bulan Januari.

  1. Monday effect

Setelah akhir pekan harga pasar cenderung dibuka pada level yang lebih rendah.

  1. Size effect

Perusahaan yang lebih kecil cenderung mengungguli pasar, menunjukkan bahwa berinvestasi dalam portofolio yang berukuran lebih kecil merupakan strategi investasi yang baik.

  1. Price-earning ratio

Perusahaan dengan rasio P/E rendah memberikan pengembalian yang lebih tinggi daripada portofolio P/E yang tinggi.

  1. Book-market ratio

Fama dan French (1992) menemukan bahwa rasio book-to-market adalah prediktor kuat dari rata-rata pengembalian. Perusahaan dengan rasio book-to-market yang lebih tinggi memiliki pengembalian bulanan yang lebih tinggi daripada perusahaan dengan rasio yang lebih rendah.

  1. The Briloff effect

Abraham Briloff menganalisis pengaruh harga saham terhadap informasi dan menyimpulkan bahwa harga saham tidak secara penuh mengungkapkan informasi yang tersedia di pasar.

  1. Value line

Harga sekuritas akan terus naik setelah value line menempatkan rating perusahaan pada urutan tertinggi.

  1. Post announcement drift

Bukti empiris menunjukkan bahwa harga tetap bertahan untuk beberapa waktu setelah pengumuman awal yang tidak sesuai dengan EMH dimana harga akan langsung menyesuaikan dengan informasi.

  1. Overreactive market: Contrarian strategy

Perusahaan dengan kinerja investasi buruk mengungguli perusahaan dengan kinerja investasi terbaik selama periode Tahun berikutnya.

 

Previous articleMahasiswa Kampus Budi Bakti Terbitkan Buku Antologi
Next articleKemendikbud : Perguruan Tinggi Dipaksa Kreatif Dan Inovatif Dalam Pembelajaran Daring
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here