Beasiswa Aktivis Masjid Kampus Budi Bakti

Beasiswa Aktivis Masjid Kampus Budi Bakti

LATAR BELAKANG

Hasil sensus 2020 penduduk Indonesia bertambah 32,56 juta jiwa dari sensus pada 2010. Total jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 270,2 juta jiwa. Sensus juga menunjukkan persentase penduduk usia produktif (15-64 tahun) meningkat dari waktu ke waktu, mulai 53,39 persen pada 1971 hingga mencapai 70,72 persen pada 2020. Klasifikasi penduduk berdasarkan generasi mulai generasi preboomer yang lahir sebelum 1945 hingga post generasi Z yang lahir setelah 2013. Hasilnya, generasi Z dan generasi milenial mendominasi dengan proporsi masing-masing 27,94 persen dan 25,87 persen.

Jumlah penduduk Indonesia menduduki posisi keempat terbesar di dunia. Namun, dari jumlah yang besar ini hanya 8,5 persen berhasil lulus pendidikan tinggi (Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2017). Mayoritas  (65 persen) penduduk Indonesia berpendidikan kurang dari SMP. Hal ini menjadi tantangan perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia.Tingkat kecerdasan anak Indonesia berada pada urutan 72 dari 78 negara dan 54 persen angkatan kerja saat ini adalah mantan penderita stunting. Maka sudah menjadi sebuah keharusan bahwa kita harus serius dalam mempersiapkan pendidikan SDM Indonesia yang mampu bersaing, menghadapi tantangan global. Indonesia saat ini baru memulai bonus demografi yang besar, sehingga bonus ini harus dimanfaatkan dengan menghasilkan SDM yang unggul.

 

DEFINISI PROGRAM

Beasiswa Kader Masjid Mushola STIM Budi Bakti merupakan program investasi sumber daya manusia strategis  yang berasal dari asnaf dhuafa yang aktif dalam organisasi/kegiatan masjid/mushola. Fokus  Beasiswa Kader Masjid Mushola STIM Budi Bakti yaitu pada pembinaan karakter kepribadian, kepemimpinan, softskill, akademik, bisnis dan sosial masyarakat.

 

TUJUAN

  1. Membentuk SDM socioteknoprenuer unggul Indonesia yang berakhlak mulia dan berjiwa pemimpin.
  2. Memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya pengelola masjid/mushola untuk mengenyam pendidikan tinggi.
  3. Tri Darma Perguruan Tinggi STIM Budi Bakti.

 

VISI MISI BEASISWA

VISI

Membentuk SDM aktivis masjid yang berjiwa socioteknoprenuer unggul Indonesia yang berakhlak mulia dan berjiwa pemimpin.

MISI

  1. Membentuk dan mengembangkan karakter mahasiswa socioteknoprenuer
  2. Menghasilkan SDM strategis yang akan memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat umum
  3. Membentuk dan mengoptimalkan jaringan global SDM strategis

 

Program Pembinaan

  1. Pembinaan

Pembinaan dilaksanakan secara berkala sebulan sekali meliputi materi keIslaman, keprofesian, english camp, dan sesuai dengan kurikulum dan silabus pembinaan program beasiswa. Metode yang dipakai dalam pembinaan meliputi presentasi, diskusi, social project, bussines project, peronal branding.

  1. Pembinaan Persemester

Pembinaan persemester adalah pembinaan rutin yang dilaksanakan setiap satu semester sekali dengan mendatangkan pemateri yang berasal dari kalangan internal maupun eksternal kampus Budi Bakti. Pelaksanaan pembinaan dapat dilakukan  indoor  maupun outdoor. Materi dan metode pembinaan disesuaikan dengan kurikulum dan silabus pembinaan dimasing-masing angkatan.

 

  1. Pembinaan Kontribusi

Pembinaan ini dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi penerima manfaat terhadap lingkungan sosialnya. Program pemberdayaan masyarakat atau lebih dikenal dengan istilah social project dilakukan dengan mengikuti pola, struktur dan kurikulum yang telah dibuat oleh tim pusat.

 

SYARAT PENDAFTARAN

  • Lulusan SMA/SMK/Pesantren
  • Aktif di kegiatan masjid/mushola
  • Mendapat rekomendasi DKM Masjid/Mushola
  • Berasal dari keluarga kurang mampu

BERKAS PENDAFTARAN

  • Fotocopy Ijazah SMA/SMK/Pesantren
  • Fotocopy Kartu keluarga
  • Fotocopy KTP
  • Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa/Kelurahan
  • Surat keterangan gaji/penghasilan orangtua
  • Foto 3×4 2 lembar

 

KIRIM BERKAS 

Kirim berkas pendafataran ke email : campusbudibakti@gmail.com

 

WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran : 1 Mei – 30 Juni 2021

 

DAFTAR ONLINE

http://bit.ly/FormulirPendaftaranMahasiswaBaru-STIMBudiBakti_2021

Narahubung : 081284200404

 

Alamat Kampus :

Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa, Jl Raya Parung Bogor KM 42, Ds Jampang,

Kec. Kemang, Kab. Bogor, Prov Jawa Barat

Admin bar avatar
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *