Tips Memilih Kuliah Di Kampus Swasta

Struktur pengurus STIM Budi Bakti

Kampus Budi Bakti . Kuliah dengan memilih kampus swasta harus lebih ekstra hati-hati dan teliti. Beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya mengecek legalitas kampus tersebut.

Pastikan kampus yang dipilih legal secara hukum atau izin operasionalnya terdaftar di database Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek).

Melansir Kompas.com, saat konferensi virtual terkait temuan izin operasional kampus swasta yang diduga palsu, Kamis (29/4/2021), Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Madya Biro Hukum Kemendikbudristek, Polaris Siregar mengatakan langkah termudah adalah mengecek secara online.

“Kami harapkan, mahasiswa atau orangtua bisa mengecek kampus ini ilegal, terakreditasi melalui portal Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti),” kata dia.

Polaris menyebut, di dalam portal ini memuat data resmi kampus, prodi hingga mahasiswa yang terdaftar di Kemendikbudristek. Polaris mengatakan tidak hanya kampus negeri yang terdaftar. Kampus swasta, lalu kampus di luar naungan Kemendikbud seperti kampus di bawah Kemenag dan kementrian lain juga bisa dicek keabsahannya.

Melansir laman PD Dikti, melalui portal ini kita dapat mengakses data perguruan tinggi, program studi, mahasiswa, alumni dan berbagi aktivitas akademik di perguruan tinggi.

Data yang ada pada Forlap PDDIKTI Kemendikbud ini dikelola oleh masing-masing perguruan tinggi dengan cara melakukan pelaporan data setiap periode akademik.

Data pada pangkalan data ini sering digunakan sebagai sumber rujukan data seperti untuk calon mahasiswa yang ingin tahu profil resmi kampus. Termasuk juga biasanya untuk rujukan pada saat penerimaan CPNS, penerimaan karyawan di perusahaan dan aktivitas lainnya.

Kalian bisa mengikuti cara mengecek izin operasional kampus di
1. Silakan mengakses situs https://pddikti.kemdikbud.go.id/
2. Setelah masuk di PDDIKTI, selanjutnya silakan ketik keyword di kolom kanan atas nama kampus yang dipilih.
3. Setelah di enter, akan muncul tampilan informasi kampus. Mulai dari nomor Surat Keterangan Perguruan Tinggi (SK PT), Tanggal SK PT dan tanggal pendirian kampus, lalu jumlah dan nomor pendirian program studi. Untuk legalitas dosen, ada juga jumlah Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK), Nomor Urut Pendidik (NUP) dan informasi resmi lainnya.

 

Buat kalian yang ingin kuliah dan tidak mau ribet mengecek status kampus, daftar aja ke Kampus Budi Bakti. Kampus Budi Bakti merupakan kampus yang dikelolah oleh Dompet Dhuafa ini memiliki akreditasinya B. Lebih dari 5000 lulusan telah malang melintang di berbagai bidang, sehingga kiprah Kampus Budi Bakti tidak perlu diragukan lagi.

Kalian bisa daftar dengan menghubungi admin Penerimaan Mahasiswa Baru di 0821117850006. Ada beasiswamya juga lho..

Admin bar avatar
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *