Python

Python adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Guido van Rossum, dan dipublikasikan pertama kali di tahun 1991. Bahasa Python adalah sebuah bahasa yang high-level, penuh interpretasi, serta berorientasi pada obyek (Object-oriented). Semua poin ini adalah alasan penting kenapa bahasa Python telah menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia.

Bahasa pemrograman yang high-level sangatlah mementingkan penekanan pada kesederhanaan. Desain keseluruhan dari bahasa pemrograman Python didasari dan difokuskan pada penyederhanaan keterbacaan. Bahasa Python menggunakan whitespace dan sintaks yang sangat sederhana untuk mencapai tujuan ini. Karena alasan ini juga, Python telah masuk dalam daftar bahasa pemrograman paling mudah untuk dipelajari.

Orientasi Obyek juga merupakan sifat yang sangat penting dari bahasa pemrograman Python. OOP, atau Object-Oriented Programming, adalah sebuah filosofi pemrograman yang difokuskan pada obyek dan data ketimbang logika yang diperlukan untuk memanipulasi proses. Beberapa fitur utama yang mendefinisikan object-oriented programming adalah elemen seperti inheritance, polymorphism, dan juga encapsulation. Apa yang membuat bahasa pemrograman OOP menjadi populer? OOP mampu memberikan pemeliharaan coding yang lebih mudah, dan juga memungkinkan seorang programmer untuk menggunakan ulang potongan coding untuk konteks proyek yang lain.

Dalam hal penggunaan, bahasa pemrograman Python pertama kali dibuat sebagai bahasa untuk mengembangkan Linux. Pada perkembangannya, bahasa Python telah menjadi salah satu bahasa terpopuler di dunia untuk membuat website.

Informasi di atas hanyalah sekelumit fakta dasar soal bahasa pemrograman Python. Informasi tersebut dapat membantu anda untuk mengembangkan pemahaman anda soal apa itu Python, dan juga membantu anda untuk memahami perdebatan soal Java vs Python. Satu sisi koin telah kita bahas, selanjutnya kita akan membahas bahasa pemrograman Java.

Java

python-vs-javaBahasa pemrograman Java dibuat pada tahun yang sama dengan Python. Java adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh James Gosling dan dua koleganya. Mungkin sesuai dengan asumsi anda, bahasa Java diambil dari nama jenis kopi. Akhirnya kita tidak perlu lagi berspekulasi soal asal nama ini.

Jika bahasa pemrograman Python adalah soal keterbacaan, maka bahasa pemrograman Java adalah soal akronim WORA. WORA adalah singkatan dari “Write Once, Run Anywhere”. Slogan ini adalah alasan kenapa Java menjadi salah satu bahasa pemrograman paling populer. Sesuai dengan bunyi slogannya, Java adalah bahasa yang universal. Bahasa ini dibuat untuk dapat berjalan dalam platform manapun serta dengan aplikasi apapun.

Bahasa pemrograman Java adalah hasil dari pengembangan bahasa C dan C++. Pengembangan ini merupakan sebuah manuver strategis karena bahasa C dan C++ merupakan dua bahasa yang sangat populer di tahun 90an. Proses belajar Java juga menjadi lebih mudah bagi orang-orang yang sudah menguasai cara penggunaan C dan C++ sebelumnya. Dalam konteks bahasa OOP, biarpun tidak semurni Python, Java sendiri tetap merupakan sebuah hasil desain bahasa OOP.

Bahasa pemrograman Java sangat populer untuk pembuatan aplikasi android dan juga perusahaan yang menggunakan data besar. Dalam konteks ini, khususnya dalam debat soal Java vs Python, itu berarti kedua bahasa pemrograman itu sendiri tidaklah saling mengancam satu sama lain dalam pasar lapangan kerja.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *