Binar Academy — Binarian tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah UI/UX. UI sendiri merupakan singkatan dari User Interface dan UX adalah singkatan dari User Experience. Walaupun UI/UX merupakan istilah yang sering digunakan, bukan berarti keduanya memiliki fungsi yang sama. Baik UI maupun UX sama-sama berfungsi untuk mengembangkan desain produk, tetapi cara kerjanya yang berbeda. Untuk lebih lengkapnya, simak perbedaan UI dan UX di bawah ini yuk!

Apa itu UI Design?

Mudahnya, UI Design adalah tampilan produk yang ingin kita perlihatkan (yang visible atau bisa dilihat oleh mata). UI Designer lebih fokus pada visualisasi, coloring, dan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas dari interface yang akan digunakan oleh user.

Apa itu UX Design?

Nah, bagaimana dengan UX Design? UX Design memiliki ranah yang lebih luas dari UI. UX berfokus pada proses pembuatan produk hingga mampu mendapatkan pengalaman kemudahan dari user. Tanggung jawab seorang UX Designer adalah memastikan bahwa langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas, serta memahami kebutuhan user.

Banyak yang beranggapan bahwa UX Design adalah visual yang terlihat dalam sebuah aplikasi. Padahal, UX Design jauh lebih dalam dari sekadar merancang visual untuk interface.

Memang, UI punya peran penting dalam karya seorang UX Designer, tetapi itu bukan satu-satunya bagian. Mengapa? Karena tujuan dari UX adalah mencari solusi dari sebuah masalah, dan interface produk tidak selalu menjadi solusinya.

 

 

Uji coba diubah


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *