Home Materi Kuliah Mata Kuliah Komunikasi Bisnis Developing Business Presentations

Mata Kuliah Komunikasi Bisnis Developing Business Presentations

412
0
Pengantar Komunikasi Presentasi Mahasiswa
Pengantar Komunikasi Presentasi Mahasiswa

Presentasi bukan hal yang harus kamu takuti , justru presentasi bisa kamu jadikan ajang untuk menunjukan kemampuan dan hasil kerja kerasmu. Kalau kamu masih takut dan ragu ikutin 5 cara sukses presentasi dari TopKarir! Yuk disimak:

  • Perhatikan PAL (Purpose, Audience, dan Logistic)

Perhatikan dengan baik purpose, audience, dan logistic. Mengetahui purpose atau tujuan presentasimu untuk apa? sebagai bagian dari test, membujuk orang lain, atau memberi informasi suatu hal.  Pelajari audience saat kamu presentasi, siapa audience kamu saat itu? dan Bagaimana mereka biasa bersikap? Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu hal-hal yang harus kamu organisir, mulai dari berapa menit kamu harus bicara, sampai keadaan ruangan tempat kamu presentasi.

  • Latihan Agar Kamu Terbiasa

Latih diri kamu secara terus menerus sebelum hari presentasi datang. Gunakan media seperti cermin atau alat perekam video dan lihat diri kalian sendiri jika berbicara. Kalau ada yang kurang perbaiki dan berlatih lagi. Karena dengan terus berlatih kamu akan terbiasa dan bisa membuatmu berbicara dengan lancar.

  • Kuasai Materi Presentasimu

Menguasai materi presentasimu adalah hal yang paling utama. Karena tujuan dari presentasi itu sendiri adalah menyampaikan informasi melalui materi yang kita bawakan. Pelajari materi presentasimu dengan detail. Jika ada pertanyaan dari atasan atau klien, kamu bisa terlihat menguasai dan dapat dipercaya.

  • Hindari Presentasi yang Membosankan

Saat Presentasi jangan sampai orang yang memperhatikanmu bosan dan ngantuk. Kalau mereka mengantuk, berarti ada yang salah dengan gaya presentasimu.            Mungkin materi yang kamu sampaikan monoton atau bisa juga karena cara bicara mu yang terlalu terpaku pada slide. Cobalah improvisasi saat presentasi dengan nada suara yang semangat agar suasana presentasi jadi lebih hidup.

  • Jaga Sikap

Sikap merupakan salah satu indikator penting untuk menentukan berhasil atau tidaknya presentasi kamu Sahabat TopKarir. Sikap  adalah hal yang paling utama dalam hal apapun, jaga sikapmu jangan sampai membuat orang lain punya penilaian buruk kepada kamu. Hindari posisi seperti menyilangkan tangan di dada atau istirahat di tempat, karena membuat kamu terlihat seperti sedang gugup.

Determine the General and Specific Purpose
It is important for you to have a clear understanding of your purpose, as all the
other factors depend on it. Here’s a brief review of the five general purposes for
speaking in public:

  1. Speech to inform. Increase the audience’s knowledge, teach about a topic
    or issue, and share your expertise.
  2. Speech to demonstrate. Show the audience how to use, operate, or do
    something.
  3. Speech to persuade. Influence the audience by presenting arguments
    intended to change attitudes, beliefs, or values.
  4. Speech to entertain. Amuse the audience by engaging them in a
    relatively light-hearted speech that may have a serious point or goal.
  5. Ceremonial speech. Perform a ritual function, such as give a toast at a
    wedding reception or a eulogy at a funeral.

Mata Kuliah Komunikasi Bisnis Developing Business Presentations bisa di unduh di tautan berikut ini :

Previous articleMateri Kuliah Komunikasi Bisnis Pengantar Komunikasi
Next articleMateri Kuliah Komunikasi Bisnis Memahami Costumer
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here