Home Blog Jokowi : Program Studi di Kampus Hanya Relevan Sampai Lima Tahun

Jokowi : Program Studi di Kampus Hanya Relevan Sampai Lima Tahun

299
0

Presiden Joko Widodo meminta kampus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menghadapi zaman. Saat ini, kata Jokowi, sudah eranya sumber daya manusia yang memahami teknologi digital.

“Digital talent ini penting, AI, cloud computing, digital design, digital marketing, blockchain semuanya barang ini apa? barang ini harus kita miliki SDM itu,” ujar Jokowi.

“Mahasiswa bisa belajar di mana saja kapan saja dengan siapa saja. kampus yang mengarahkan. Saya senang mahasiswa bisa belajar di industri satu semester, artinya apa industri menjadi bagian universitas,” ujarnya.

Kalau tidak menerapkan hal tersebut dalam dua tahun mendatang, Jokowi khawatir sumber daya manusia Indonesia tidak dapat bersaing di tahun 2030-2035.

“Kalau ini tidak kita lakukan dalam dua tahun ini saya membayangkan di tahun 2030-2035 berat. Kita akan berat,” ujarnya.

Maka itu, Jokowi menilai program studi di kampus dapat tidak relevan lagi dalam waktu lima tahun. Sebabnya, kecepatan perubahan zaman. Sementara masih banyak program studi yang tidak berubah meski berusia 20-30 tahunan.

“Sehingga saya minta yang namanya program studi, program studi sekarang ini hanya relevan lima tahun. Hati-hati kecepatan perubahan zaman seperti ini yang sekarang masih banyak yang sudah 20 tahun 30 tahun tidak berubah,” kata mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Ilmu dalam program studi hari ini bisa tidak relevan lagi untuk semester depan karena cepatnya perubahan zaman. Namun, Jokowi dibisiki sejumlah universitas bahwa membubarkan program studi sulit. Pembentukan program studi baru juga sulit.

Padahal, kata Jokowi, kewenangan untuk membubarkan program studi dan membentuk program studi sudah didelegasikan wewenangnya kepada kampus. “Sudah didelegasikan loh jangan lagi nyalah-nyalahin kementerian,” imbuhnya.

Begitu juga pusat studi yang ada di kampus bernasib sama seperti program studi. Pusat studi yang lama tidak dapat dibubarkan, juga sulit membentuk pusat studi baru.


“Yang lama tidak dibubarkan yang sudah jadul tidak dibubarkan yang baru juga tidak dibentuk. Ini tantangan-tantangan kita dalam rangka SDM, menyiapkan SDM Indonesia,” ujar Jokowi

Previous articleKampus Budi Bakti Selenggarakan Diskusi Penyusunan Kurikulum Dengan Dunia Usaha Dunia Industri
Next articleBanyak Aksi Penipuan Via Online Akibat Kelangkaan Barang, Ini Saran Pengamat
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here