Home Incubator Business And Career Development Jelajahi Diri Anda Selama Kuliah

Jelajahi Diri Anda Selama Kuliah

139
0

Kuliah di kampus selama 3-4 tahun itu ibarat sedang belajar disebuah wahana belajar yang luas. Mirip dengan dunia nyata namun masih dalam kendali. Selaam kuliah berlangsung sangat penting bagi setiap mahasiwa untuk mempersiapkan segala bekal setelah lulus kelak. Maka dari itu merencanakan, emnggali potensi diri kemudian mengembangkanya menjadi hal penting. Berikut ini tahapan yang bisa mahasiswa lakukan selama kuliah.  

KULIAH TAHUN 1 DAN 2

1. Tes dan Konsultasi Minat Bakat

Ketahui dan konsultasikan minat, kemampuan diri Anda dengan pusat Inkubator Bisnis dan Karir Kampus. Kalian juga bisa melakukan test mandiri namun kami tetap menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan konsultan ahli dalam membaca, menganalisis dan memberikan saran masukan untuk pengembangan diri Anda.

2. Aktif Organisasi Mahasiswa

Terlibat dalam organisasi mahasiswa akan memberikan pengalaman kepada Anda dalam komunikasi, mengelola organisasi, kepemimpinan, membangun karakter dan hal-hal posotof lainnya. 

3. Terus Perbaharui Biodata DIri Anda

Makna dari terus memperbaharui biodata dIri ialah sepanjang waktu minimal setiap satu seester baru ada kompetensi, kemampuan, pengalaman dan hal baru yang Anda tambahkan dalam profuil Anda. Artinya ada perkembangan dari diri Anda. Apabila tidak ada perubahan dari profil Anda, berarti tidak ada yang berubah dari Anda.  

4. Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

Perbedaan antara mahasiswa satu dengan yang lain jika melihat hasil atau perubahan yang terjadi ialah dari bagaiaman waktu mereka dipergunakan. Selain waktu kuliah,waktu liburan juga menjadi hal menarik dalam pengmabangn diri seseorang. Liburan bisa kalian manfaatkan untuk kegiatan social penuh makna, magang kerja, pekerjaan paruh waktu, penelitian, dan usaha. Bahkan kalian juga bisa melakukan beragam hal tersebut sembari liburan.

5. Bangun Kompetensi Dasar Anda

KULIAH TAHUN KE-3 DAN KE-4

1. Persiapan magang dan wawancara kerja

Persiapan magang dan wawancara kedengaranya sepele namun, jika kita tidak memahaminya maka akan banyak terjadi kesalahan fatal selama wawancara dan magang kerja.

2. Bangun Kompetensi Profesional

Mahasiwa yang mendekati lulus kuliah mulai fokus untuik membangun keterampilan profesi kerja bukan lagi ketrampilan dasar.

3. Ikuti Ujian-Ujian Kompetensi Kerja

Ujian kompetensi kerja penting untuk mengukur kompetensi Anda. Selain itu, ujian ini bisa menjadi modal ketika melamar kerja. Misalnya ujian test Bahasa Inggris, Komputer, Manajemen keuangan dan test lainya yang sesuai dengan kompetensi hardskill ketika Anda lulus kelak.

Previous articleAda Apa Dengan Rengasdengklok?
Next articlePanduan Penulisan Artikel Ilmiah
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here