3 Pesan Ketua Kampus Budi Bakti Kepada Wisudawan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat:

  1. Ketua Dewan Pembina Yys. Dompet Dhuafa Republika, Bapak Parni Hadi
  2. Ketua Pengurus Yys. Dompet Dhuafa Republika, Bapak Rahmad Riyadi
  3. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Jawa Barat dan Banten. 
  4. Direktur Keuangan Sosial Syariah KNEKS, Bapak Ahmad Juwaini 
  5. Bapak Jos Soeleman beserta keluarga
  6. Keluarga alm Prof Syahril Soeleman 

Yang kami hormati:

  1. Direktur Business and Operation Support DD, Bapak Prima Hadi Putra
  2. Bapak dan Ibu Pimpinan Organ Jejaring DD
  3. Para Dosen, Orang Tua/Wali, Para Undangan dan Hadirin yang Berbahagia. 
  4. Para Wisudawan/Wisudawati yang kami banggakan dan kami cintai

Pertama-tama perkenankan kami atas nama segenap Pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti Dompet Dhuafa, memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat, karunia, hidayah, dan ridhoNya sehingga pada hari ini kita dapat menghadiri Sidang Senat Terbuka Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti dalam rangka  Wisuda Sarjana Tahun Akademik 2021/2022 di Aula Masjid Al Madina dalam keadaan sehat wal afi’at. Kepada semua tamu undangan yang telah berkenan hadir dalam acara ini, kami ucapkan terima kasih semoga silaturahmi kita semakin erat dan memberikan manfaat bagi kita semua. Sholawat dan salam senantiasa teriring kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW berserta para keluarga, sahabat, dan pengikutnya sampai dengan akhir zaman, amiin.

Bapak, Ibu, para hadirin, serta wisudawan dan wisudawati yang saya hormati,

Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda TA 2021/2022 dilaksanakan secara luring seiring dengan semakin menurunnya status PPKM di Indonesia. Pelaksanaan wisuda secara luring diharapkan dapat memberikan suasana khidmat dan kesan yang mendalam bagi seluruh wisudawan dan diharapkan sebagai salah satu kenangan terindah selama masa studi di Kampus Budi Bakti tercinta ini. Tentu saja, pelaksanaan wisuda dilaksanakan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan.

Bapak, Ibu, para hadirin, serta wisudawan dan wisudawati yang saya hormati,

Dompet Dhuafa merupakan lembaga filantropi islam, yang sejak 29 tahun lalu telah berupaya terus memutus rantai kemiskinan dan mengangkat harkat dan martabat kaum dhuafa yakni salah satunya melalui pendidikan. Sejak 2003, Dompet Dhuafa memfasilitasi mahasiswa yang secara ekonomi tidak mampu untuk mendukung pendidikan di universitas melalui program beasiswa. Misi utama Dompet Dhuafa dalam mengentaskan kemiskinan dan dapat memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi bangsa ini terus berlanjut dengan mendirikan Perguruan Tinggi (DD University). Sejak diresmikannya pada tahun 2015 oleh Bapak Parni Hadi sebagai inisiator DD University, kehadiran DD University diharapkan mendidik dan menggembleng peserta didiknya menjadi SDM yang unggul, terampil, inovatif dan adaptif, dan memiliki semangat kemandirian, pemberdayaan, dan kerelawanan. Sejak 2018, STIM Budi Bakti dibawah pengelolaan Yys. Dompet Dhuafa Republika dan merupakan langkah awal lahirnya DD University. Semoga apa dicita-citakan, Allah swt berikan kemudahan dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Bapak, Ibu, para hadirin, serta wisudawan dan wisudawati yang berbahagia,

Hidup tanpa bercita-cita adalah hampa. Bercita-cita adalah pengharapan sekarang atas keadaan masa depan. Tanpa punya cita-cita atau harapan atas keadaan masa depan, akan membuat hidup tidak terarah dan terasa lesu. Ibarat pesawat terbang, sudah “take off” tapi belum tahu mau terbang ke mana? Hanya orang yang mempunyai tujuan dan aralah memiliki azam dan tekad untuk sampai ke dramaga kesuksesan. Hari ini, kita menyaksikan wajah ceria para wisudawan dan wisudawati yang menandakan bahwa mereka adalah orang-orang yang memiliki cita-cita, memiliki tujuan dan arah kehidupan yang jelas meskipun perkuliahan yang mereka lalui tentunya tidak mudah, ada banyak rintangan yang harus dihadapi, toh pada akhirnya sampai juga di pintu kesuksesan.

Pada kesempatan ini, dapat kami sampaikan bahwa STIM Budi Bakti akan mewisuda mahasiswa dan mahasiswi sebanyak 46 orang dan berhak menyandang gelar Sarjana Manajemen (S.M.). Untuk itu, saya atas nama segenap Pimpinan STIM Budi Bakti mengucapkan selamat atas kelulusan studi anda semua. Semoga, semua yang telah diperoleh selama belajar di Kampus Budi Bakti bermanfaat sebagai bekal dalam berjuang dan berkarya ditengah-tengah masyarakat. Semoga sukses dalam berkarir atau berwirausaha, dan selalu menjadi bagian dari solusi dari berbagai permasalahan ditengah masyarakat. 

Bapak, Ibu, para hadirin, serta wisudawan dan wisudawati yang berbahagia,

Seiring dengan perkembangan dunia yang cepat berubah dan persaingan usaha yang semakin kompetitif, STIM Budi Bakti akan senantiasa memiliki komitmen penuh dan berusaha bersungguh-sungguh dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya untuk menjadi ahli yang menguasai serta terampil dalam bidang manajemen dan berkarakter sociotechnopreneur. Socio memiliki arti peduli sesama, peduli lingkungan, dan keinginan untuk berkontribusi dalam pemecahan masalah-masalah yang ada di masyarakat. Tekno diartikan sebagai kemampuan adaptif dan aplikatif terhadap teknologi yang berkembang. Preneur diharapkan menjadi pribadi yang mandiri, pantang menyerah, bekerja keras, dan dapat memanfaatkan dan mengelola peluang. Kami yakin, pendidikan dan pengalaman yang diperoleh selama menjalani kuliah di STIM Budi Bakti dapat menjadi bekal dan salah satu kunci pendorong kesuksesan dalam menghadapi persaingan sangat kompetitif ini dengan memiliki semangat dan jiwa Socio Technopreneur.

Semangat dan komitmen serta kesungguhan kami dalam menyelanggarakan Pendidikan di STIM Budi Bakti memberikan dampak pada peningkatan jumlah mahasiswa setiap tahunnya. Peningkatan jumlah mahasiswa dapat dilihat dari pendaftaran mahasiswa baru setiap tahunnya bertambah. Hal ini membuktikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap STIM Budi Bakti meningkat. Semoga kepercayaan ini bisa menjadi pemicu kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas akademik.

Pada kesempatan yang terhormat dan berbahagia ini, izinkan kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak dan Ibu sekalian atas kepercayaan yang diberikan kepada STIM Budi Bakti untuk menimba ilmu di tingkat perguruan tinggi, terimakasih kepada LLDIKTI IV Wilayah Jawa Barat dan Banten dan berbagai pihak serta masyarakat yang senantiasa selalu mendukung STIM Budi Bakti. Tak lupa, kami menghaturkan terima kasih kepada Bapak Parni Hadi (Ketua Dewan Pembina YDDR, Inisiator DD University), Bapak Rahmad Riyadi dan Pengurus Yys, Jajaran Direksi DompeT Dhuafa yang senantiasa tak kenal lelah membimbing dan membina kami.

Bapak, Ibu, para hadirin, serta wisudawan dan wisudawati yang berbahagia

Sebelum saya akhiri sambutan ini, izinkan saya untuk memberi pesan kepada para wisudawan dan wisudawati STIM Budi Bakti Dompet Dhuafa:

  1. STIM Budi Bakti mengharapkan gelar sarjana yang anda sandang saat ini dapat menghasilkan sesuatu yang positif dan berguna bagi bangsa dan masyarakat. Gelar Sarjana Manajemen ini adalah sebuah identitas baru yang mencerminkan bahwa anda adalah seorang intelektual yang memiliki pemikiran kritis, logis serta memiliki kemampuan untuk memecahkan suatu masalah. Oleh karena ini keilmuan saudara perlu diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu kami mengharapkan Anda sebagai bagian keluarga besar STIM Budi Bakti untuk menjaga nama baik Almamater yang kita cintai ini.
  2. Jadilah pribadi yang pandai bersyukur. Bersyukur akan mendorong anda untuk selalu menerima segala sesuatu yang didapat dengan ikhlas, dapat menjalani kehidupan dengan sabar, senyum, dan antusias. Bersyukur setiap waktu dapat menjernihkan hati dan pikiran sehingga jalan sukses akan terlihat lebih terang. Siapa bersyukur, nikmat ditambahi.
  3. Anda sekarang sudah lulus menjadi sarjana. Kesuksesan dan kebahagiaan sejati adalah membahagiakan kedua orang tua, birrul walidain. Kuncinya adalah patuhi kedua orangtua, jadilah kebanggaan kedua orangtua anda. Apabila orangtua sudah wafat maka doakan disetiap shalat, yang masih hidup jangan pernah menyakiti kedua orang tua kalian. Jika ingin sukses dan di ridhoi oleh Allah swt dalam hidupnya maka mintalah ridho kepada kedua orangtua. 

Demikianlah sambutan ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga keberhasilan yang akan kita raih dapat menjadi kebanggaan dan kebahagiaan kita bersama. Sekali lagi selamat dan sukses untuk saudara-saudari semua. Aamiin

Wassalamualaikum Wr.Wb.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *