Bab ini berfokus pada pendidikan, tenaga kerja terampil, kesehatan, dan modal manusia. Pendapatan per kapita yang lebih tinggi sangat terkait dengan angka kematian yang lebih rendah dan tingkat kelulusan sekolah yang lebih tinggi (World Bank 2004i:35).
Simon S. Kuznets (1955b:39) berpendapat bahwa stok utama dari sebuah negara yang maju secara ekonomi bukanlah modal manusianya, tetapi “tumbuh pengetahuan yang dikumpulkan dari temuan-temuan yang teruji dan penemuan-penemuan ilmu pengetahuan empiris, serta kapasitas dan pelatihan penduduknya untuk menggunakan pengetahuan ini secara efektif.“
Kontras dalam pertumbuhan ekonomi antara Jepang dan Jerman, di satu sisi, dan negara-negara dunia ketiga, di sisi lain setelah Perang Dunia II menggambarkan pentingnya kualitas tenaga kerja. Meskipun banyak modal fisik di Jerman dan Jepang berada dalam kehancuran, ekonomi mereka tumbuh dengan cepat setelah perang, karena keterampilan, pengalaman, pendidikan, pelatihan, kesehatan, disiplin, dan motivasi tenaga kerja yang ada tetap utuh.
Materi Kuliah Ekonomi Pembangunan Education, Health, and Human Capital