Kampus Budi Bakti

Buku Manajemen Pemasaran Marketing Mix : Pengaruh Brand Equity Physical Evidence Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Kekuatan Brand Equity Dalam Menentukan Keputusan
Konsumen


Konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian, konsumen membentuk pengelompokan dalam skala prioritas atau bertahap dan ingatan yang unik dari beberapa produk. Konsumen tidak bisa mengingat semua pilihan yang ada. Semakin meningkat
kompleksitas keputusan akan menghasilkan lebih banyak langkah dalam proses pengambilan keputusan. Skala prioritas dengan multilevel pilihannya dibuat oleh konsumen dengan mempertimbangkan pada sesuatu yang unik dan mudah diingat oleh konsumen. Mudah diingat berhubungan dengan branding dari produk tersebut.

Brand telah berkembang pesat dari zaman pemasaran tradisional hingga kini dalam pemasaran digital. Brand perusahaan dalam dunia digital dan teknologi yang membuat arus informasi berkembang pesat memberikan dampak pada pemasaran perusahaan. Brand merupakan sebuah kesatuan dari nama, istilah, tanda, desain atau kombinasi dari semuanya yang mampu memberikan sesuatu yang khas, berbeda sehingga bisa mengidentifikasi produk atau layanan (Kotler & Armstrong,2010).

Bahkan sebuah pesan bermakna mengenai kejelasan tujuan dari produk yang sesuai dengan profil kebutuhan konsumen mendorong keputusan pembelian atau pilihan konsumen. Gyeabour dan Kaplan (2020) dalam penelitiannya menemukan bahwa ekuitas merek aset keuangan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan perilaku investor dalam membentuk konstruksi portofolio aset keuangan. Sedangkan
dalam investasi sebagai investor individu, berperilaku rasional investor selalu mempertimbangkan semua informasi dalam membuat keputusan investasi.

Citation / Reference : El Munadiyan, Aza dkk., 2023. Manajemen Pemasaran 7P, Marketing Mix 7P Produk Barang Dan Jasa. Lakeisha

The Power of Brand Equity in Determining Decisions
Consumer


Consumers in making purchasing decisions,
consumers form groupings on a priority or gradual scale and unique memories of several products. Consumers cannot remember all the available choices. More increasing
Decision complexity will result in more steps in the decision-making process. The priority scale with multilevel choices is made by consumers by considering something that is unique and easy for consumers to remember. Easy to remember is related to the branding of the product.

Brands have developed rapidly from the days of traditional marketing to now in digital marketing. Company branding in the digital world and technology that makes the flow of information grow rapidly has an impact on company marketing. A brand is a unity of name, term, sign, design or combination of all of them that is able to provide something distinctive, different so that it can identify a product or service (Kotler & Armstrong, 2010).

Even a meaningful message regarding the clarity of the purpose of the product that matches the profile of consumer needs drives purchasing decisions or consumer choices. Gyeabour and Kaplan (2020) in their research found that brand equity of financial assets has a significant influence on investors’ behavioral decisions in forming financial asset portfolio construction. Whereas
In investing as an individual investor, investors behave rationally and always consider all information in making investment decisions.

Citation / Reference : El Munadiyan, Aza et al., 2023. 7P Marketing Management, 7P Marketing Mix of Goods and Services Products. Lakeisha

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top