main mahjong ways auto menang trik trik pemula ketagihan mahjong ways hal aneh saat main mahjong ways mahjong ways bantu perbaiki mood strategi mahjong ways menang ratusan isi waktu kosong mahjong ways nunggu kenapa mahjong ways lupa waktu kombinasi richesse dan mahjong ways free spin mahjong ways tanpa top up resep ngemil pedas richesse mahjong ways mouse gaming terlaris 2025 mahjong ways musik latar mahjong ways fokus santai waktu terbaik main mahjong ways jackpot literasi digital pelajar lombok timur inisiatif hijau kampung energi malang internet gratis warga semarang umkm kuliner ekonomi solo pelatihan coding remaja kupang evaluasi air bersih kalimantan pusat kreatif anak muda surabaya transportasi ramah lingkungan yogyakarta festival seni rakyat padang edukasi keamanan siber makassar

Kampus Budi Bakti

Buku Referensi Pendidikan Pancasila

Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia.
Pokok bahasan ini mengkaji dinamika Pancasila pada era pra kemerdekaan, awal kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi. Pada bagian ini, mahasiswa akan dihantarkan untuk memahami arus sejarah bangsa Indonesia, terutama terkait dengan sejarah perumusan Pancasila. Hal tersebut penting untuk diketahui karena perumusan Pancasila dalam sejarah bangsa Indonesia mengalami dinamika yang kaya dan penuh tantangan.

Perumusan Pancasila, mulai dari sidang BPUPKI sampai pengesahan Pancasila sebagai dasar negara dalam sidang PPKI, masih mengalami tantangan berupa “amnesia sejarah” (istilah yang digunakan Habibie dalam pidato 1 Juni 2011).

Pada bab kedua ini, mahasiswa akan diajak untuk membahas sejarah perumusan Pancasila. Bahasan ini penting agar mahasiswa mengetahui dan memahami proses terbentuknya Pancasila sebagai dasar negara. Tujuannya adalah agar mahasiswa dapat menjelaskan proses dirumuskannya Pancasila sehingga terhindar dari anggapan bahwa Pancasila merupakan produk rezim Orde Baru.

Pembahasan pada bab kedua ini, diawali dengan penelusuran tentang konsep dan urgensi Pancasila dalam arus sejarah bangsa Indonesia. Kemudian, menanyakan dan menemukan alasan diperlukannya Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia. Selanjutnya, mahasiswa perlu menggali sumber historis, sosiologis, dan politis tentang Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia. Kemudian, mahasiswa perlu membangun argumen tentang dinamika dan tantangan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia sekaligus mendeskripsikan esensi dan urgensi Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia untuk masa depan. Akhirnya, mahasiswa perlu merangkum pengertian dan pentingnya Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia.

Buku referensi I mata kuliah Pendidikan Pancasila yang diampu oleh Aza El Munadiyan, S,Si, MM, AMIPR

http://www.mediafire.com/file/v5f9gk5m6vv9973/8._PENDIDIKAN_PANCASILA.pdf/file

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top