Home Blog Kampus Budi Bakti Siapkan SDM Untuk Ekonomi Digital

Kampus Budi Bakti Siapkan SDM Untuk Ekonomi Digital

270
0
Kampus Budi Bakti Siapkan SDM Untuk Ekonomi Digital

Ekonomi Digital adalah seluruh kegiatan ekonomi yang menggunakan bantuan internet dan juga kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence). Ekonomi digital mampu membuat perubahan pada kegiatan ekonomi masyarakat dan bisnis, dari yang awalnya manual menjadi serba otomatis.

Ekonomi digital telah mengubah segala aktivitas ekonomi menjadi lebih baik, lebih cepat, lebih mudah dibanding dengan masa sebelumnya. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan transaksi individu saja, urusan organisasi hingga pemerintahan pun juga bisa dipenuhi oleh keberadaan ekonomi digital.

Darimana pengetahuan ekonomi digital berasal?Istilah ekonomi digital (digital economy) dikenalkan oleh Don Tapscott di tahun 1995 lewat bukunya berjudul The Digital Economy: Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence. Ekonomi digital adalah kegiatan ekonomi yang didasarkan pada teknologi digital internet

Don Tapscott menemukan dua belas karakteristik penting dari ekonomi digital yang harus diketahui dan dipahami oleh para praktisi manajamen, yaitu: Knowledge, Digitazion, Virtualization, Molecularization, Internetworking, Disintermediation, Convergence, Innoavation, Prosumption, Immediacy, Globlization, dan Discordance.

Tiga aspek ini harus diperhatikan dalam pengembangan teknologi digital yaitu inklusi, orang atau sumber daya manusia, dan inovasi. Tiga aspek ini akan bisa berjalan dengan sinergi dari segi bisnis, orang (people), dan pemerintah

Ekonomi digital di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara, nilai ekonominya di tahun 2021 tercatat sekitar USD 70 Miliar, dan diperkirakan mampu mencapai USD 146 Miliar pada tahun 2025.

Peluang dan Tantangan Bisnis di Era Digital, Apa Saja?

  • Minimnya jaringan/ internet yang tersedia.
  • Kurangnya sumber daya manusia yang paham mengenai kecakapan digital.
  • Sarana pendukung harus memadai (laptop atau gadget yang men-support kemajuan teknologi)
  • Kurangnya pemanfaatan konten/ aplikasi untuk mendukung penjualan

Previous articlePenyebab Literasi Digital Indonesia Rendah
Next articleRibuan Orang Ikuti Jalan Sehat Dan Fun Bike SEMARAK 2022
Kampus Budi Bakti School of Management telah berdiri sejak tahun 2002 di Bekasi. Lebih dari 5000 mahasiswa telah lulus dari kampus yang kini dikelola oleh Dompet Dhuafa. Sebelumnya Budi Bakti School of Management dimiliki dan dikelola oleh Yayasan Budi Bakti, kini kepemilikan dan pengelolaan beralih ke Dompet Dhufa. Budi Bakti School Of Management saat ini selain di Bekasi juga membuka di kawasan Zona Madina, Kemang. Budi Bakti School Of Management memiliki dua jurusan yaitu Strata 1 Manajemen dan Diploma 3 pemasaran dengan slogan Kuliah Mudah, Semua Bisa Kuliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here